Apa yang terpikir di kepala anda bila mendengar iblis ? sosok yang menyeramkan atau biang kerok penyebab manusia jatuh ke dalam dosa.

16 iblis terkenal dan terkuat di dunia ini sangat sering di jadikan pembahasan orang, bukan karena gaya hidup merekalayakya artis kelas, tapi kekuasaan mereka di dunia untuk mempengaruhi manusia dengan tipu daya muslihat terhebat sampai manusia lupa akan kebaikan Tuhan.

Berikut 16 iblis terkenal dan terkuat di dunia sampai akhir jaman tetap eksis.


1. Lucifer, Raja Dari Segala Raja Iblis

16 Iblis Terkenal dan Terkuat di Dunia


dalam literatur agama samawi, lucifer di katakan iblis paling terkenal di dunia memiliki pangkat paling tinggi sbagai setan dalam dunia perhantuan. Julukannya terkenal sebagai bapak segala pendusta, bintang timur, pembawa cahaya, putra fajar yang terjatuh ke bumi yang di usir dari surga karena telah menentang Tuhan dan menjadi malaikat yang jatuh (fallen archangel). Ia merupakan perwakilan dari kebanggaan di 7 dosa mematikan, dosa pokok 7 deadly sins. Uniknya jika anda menonton film constantine, lucifer membunuh mammon, karena ia terlalu bangga akan dirinya dan tidak memperbolehkan anaknya sendiri untuk melebihi kepopuleran dirinya.

Pada awalnya di katakan lucifer merupakan malaikat dengan peringkat tertinggi yang selalu dekat dengan Tuhan dan oleh karena itu Tuhan memperbolehkannya untuk berkuasa atas bumi. Sayangnya karena lucifer sangat mencintai dirinya dan inin berkuasa atas singgasana alam semesta termasuk kerajaan surga . Ketika Tuhan meninggalkan tempat duduk singgasananya, ia berani menduduki tempat duduk tersebut.

Hal ini membuat para malaikat di surga murka karena di anggap tidak menghormati Tuhan. Peperangan antar malaikat di surga pun terjadi sampai akhirnya malaikat Michael turun tangan dan berhasil mengusir lucifer dari surga bersamaan dengan malikat lain yang mendukungnya. nama nya pun di ubah menjadi satan.

2. Asmodeus sang Penguasa Nafsu Birahi



Asmodeus atau ashmedai adalah raja para iblis yang di sebutkan dalam buku tobit. Asmodeus juga sempat di singung di beberapa legenda talmud antara lain dalam kisah pembangunan Kuil salomo. dalam ajaran Kristen Renaissance dia di kenal sebagai raja dari sembilan neraka. Dia juga menempati posisi sebagai salah satu dari tujuh pangeran neraka. Asmodeus sering di gambarkan sebagai bentuk dari nafsu birahi lust, salah satu dari ketujuh dosa mematikan.

Penampakan dirinya di gambarkan memiliki 3 kepala, yang pertama adalah banteng, kedua menyerupai manusai dan yang ketiga menyerupai domba jantan. Selain itu, ia memiliki ekor ular dan dari mulutnya muncul api dan berdudukkan di atas naga neraka. Manusia yang tergoda dalam godaan asmodeus akan di hukum selamanya dalam neraka tingkat 2 . Neraka tingkat 2  adalah tingkatan bagi mereka yang terkait dengan dosa seks dan pikiran kotor, hukumannya adalah berada dalam badai yang luar biasa mengerikan.

3. Astaroth (innana/isis )



Astaroth adalah bentuk pria dari iblis astareth. Astareth serinng kali di gambarkan sebagai iblis yang mengenakan mahkota, memegang ular beracun di salah satu tangannya dan menunggangi seekor binatang bersayap  naga dengan berbuntut ular. Astaroth sering di juluki pangeran bermahkota dari neraka. Dia di anggap sebagai dewa gairah oleh suku phoenician yang legendaris.

Dalam versi cerita lain astaroth di katakan bangsawan tingkat 1 di neraka. Di zaman modern bersamaan dengan beelzebub, ia mewakilkan kemalasan dalam iblis penyebab 7 dosa mematikan. Sebagai iblis , ia akan menggoda dan menarik manusia ke siksaan tiada akhir, tetapi di sisi lain ada yang mengatakan bahwa ia lah yang memberikan manusia kekuatan sihir untuk menguasai ular bagi yang menyembahnya.

4. Leviathan, Iblis Laut dengan Mulut Besar Mengerikan



Mungkin anda sudah sering mendengar nama leviathan, baik lewat film atau literatur di mana ia sering muncul sebagai sebuah makhluk dngan mulut besar mengerikan di laut yang akan memangsa segalanya. Leviathan seniri merupakan perwakilan iri hati, dengki dari 7 dosa mematikan.

Mengapa ia sering di kaitkan dengan mulut besar mengerikan dan laut ?  Hal ini di karenakan leviathan merupakan penguasa lautan yang menyimbolkan air, bersamaan dengan behemoth si penguasa daratan, dan Ziz si penguasa udara. Mulut besarnya di sebabkan karena ia merupakan penjaga neraka di mana mulutnya sering di Asosiasikan dengan pintu neraka.

5. Behemoth, Iblis Penguasa Bagian Timur Taman Eden



Behemoth adalah makhluk menakutkan yang sering di sebut dalam beberapa kisah mitologi. Namanya sendiri memiliki arti maknasesuatu yang sangat kuat. Dalam ajaran Yahudi, behemoth adalah monster yang menguasai daratan. Dia tinggal di sebuah gurun tak terlihat, sebelah timur taman eden. Di katakan bahwa ketika hari kiamat tiba, sosok behemoth akan muncul dan berperang melawan Tuhan beserta umatnya yang percaya.

6.Beelzebub (Baal/Bael)

 

Baal atau Bael merupakan raja pertama neraka yang juga menyimbolkan kerakusan, ketamakan . Dimana ia akan mengajak manusia untuk memilih milih makanan, makan makanan yang mahal , banyak dan secara rakus.

Ia juga sering di asosiasikan dengan wujud sebagai Dewa lalat dan keberadaannya di katakan merupakan musibah bagi manusia dan surga sendiri. Hal ini mungkin di sebabkan karena beberapa kisah mengatakan sebenarnya ia adalah identitas lain dari satan dan ia merupakan raja pertama dari neraka yang mengajarkan ilmu menghilang.

7. Cimeries



 Cimerias atau yang memiliki nama lain khas kimaris adalah iblis yang menguasai benua afrika. Di gambarkan sebagai ksatria yang menunggangi kuda hitam. Konon dia memiliki kemampuan untuk mendeteksi harta karun yang tersembunyi. Konon dia juga mampu mempengaruhi banyak orang untuk menjadi seorang prajurit yang melayani dan mengabdikan hidup kepada dirinya.

8. Mammon



Pernahkah anda menonton film constantine, mungkin anda masih ingat tentang iblis mammon sebagai anak dari lucifer. Ya , halitu tidk salah, beberapa versi mengatakan bahwa mammon adalah anak dari satan yang merupakan salah satu dari 7 pangeran neraka dengan simbol keserakahan dan kekayaan

Mammon sering di asosiasikan dengan wujud iblis yang sangat rakus dengan uang, kaya dan juga pelit. Ia akan menambah kekayaannya dengan merampas kekayaan para penyembahnya. Uniknya kata mammon di istilah non formal jerman memiliki arti kata uang.

9. Azazel




Azazel di katakan adalah salah satu dari 4 raja neraka slain astaroth dan satan. Ia sering di kaitkan dengan kegelapan dan kekeringan di padang pasir, bahkan azazel lah yang du katakan membuat kejahatan di dunia, hingga akhirnya air bah datag untuk membersihkan kejahatan tersebut.

Beberapa menyebutkan bahwa azazel merupakan malaikat yang me,berikan manusia pengetahuan, padahal itu bukan tugasnya dan seharusnya hal itu tidak boleh di ajarkan, terlebih ia mengajarkan manusia untuk menanyakan mengenai hukum alam. Oleh karena itu beberapa orang mengatakan bahwa ia merupakan ular yang menggoda hawa untuk memakan buah mengetahuan . Hal ini membuatnya di usir dari surga dan diikat di puncak bebatuan sampai kiamat dan hari penghakiman datang.

10. Abaddon

Iblis Terkenal dan Terkuat di Dunia

Abadon atau apollyon menjadi iblis terkuat di dunia yang kedua setelah raja iblis lucifer. julukannya memiliki arti kebinasaan atau si penghancur. Ia di sebut sebut merupakan raja dari lubang tanpa dasar yang berisikan jiwa jiwa yang tersesat dan raja dari musibah belalang. Ia sering di setarakan dengan asmodeus yang merupakan salah satu raja neraka serta di katakan bahwa ialah yang pada akhirnya akan membawa kebinasaan ke dunia.

Ada kisah lain yang menceritakan bahwa Abaddon di katakan adalah malaikat yang bernama muriel dan di berikan tugas oleh Tuhan untuk mengumpulkan tanah yang akan di gunakan untuk menciptakan adam, si manusia pertama. Sesudah tugasnya selesai, ia di tunjuk sebagai pelindung segalanya. Semua makhluk takut akannya, termasuk malaikat, iblis dan makhluk lainnya. Ada yang mengatakan bahwa ai adalah malaikat kematian.

11. Coyote

 

Penduduk kuno di afrika sangat takut akan legenda coyote, iblis bertubuh manusia yang memiliki kepla seekor anjing. Mungkin ini adalah yang orang barat sebut sebagai werewolf. Konon , seseorang yang melihat penampakan coyote di percaya hidupnya akan tertimpa malapetaka.

12. Dagon



Dagon oleh masyarakat kuno filipina di kenal sebagai iblis pembalas dendam. Eksistensi dirinya sangat terkenal oleh suku suku kuno di seluruh dunia, antar lain oleh masyarakat babilonia, amorit, akkadian dan filipina. Beberapa teori mengaitkan bahwa dagon adalah kraken dari mitologi yunani, mengingat kesamaan tugas yaitu sebagai makhluk pembalas yang akan menghancukan segalanya.

13. Belphegor



Balphegor adalah lambang kemalasan dari 7 dosa mematikan. Memiliki wujud sebagai iblis mengerikan yang berjenggot, memiliki tanduk dan berkuku tajam.

Ia akan memberikan seseorang kekayaan dengan cara apapun itu, biasanya melaui penemuan penemuan yang luar biasa. Stelah orang itu kaya, maka biasanya ia akan bermalas malasan, hal inilah yang diincar oleh Belphegor, karena ia bertugas menghasilkan kemalasan yang pada akhirnya berujung ke perpecahan sampai timbulnya peperangan sehingga menyebabkan kematian massal manusia.

14. Damballa



Damballa adalah iblis ular dalam ajaran voodoo. Dia di yakini sebagai dewi langit yang menciptakan kehidupan. Dia sangat di hormati oleh para dukun voodoo yang di kenal dapat menciptakan zombie. Dalam kepercayaan katholik, beberapa sumber yang belum dapat di buktikan kebenarannya, mengatakan bahwa dia adalah ular jelmaan dari tongkat Nabi Musa.

15. Mormo, Iblis Paling culun Beraninya Gigit Anak Kecil



Dalam mitologi yunani mormo di kenal sebagai iblis atau pangeran setan yang suka mengigit anak nakal. Dia di sebut teman dari dewi hacate. Dia juga di sebut sebagai pangeran Ghoul.

16. Mictlantecuhtli

Iblis Terkenal dan Terkuat di Dunia

Mictlantecuhtli berarti Raja mictlan. dalam mitologi suku aztec, mictlan adlah dewa kematian yang menempati bagian terbawah alam kubur. Pemujaan terhadap mictlan adalah memakan daging manusia. Upacara ini di lakukan dengan pengorbanan daging segar manusia yang di makan secara bersamaan di sekitar kuil pemujaan.